Selasa, 18 Agustus 2015

WAN

WAN
   (Wide Area Network)


 HY semua pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang WAN. Taukah kalian apa itu WAN?? apa fungsi WAN?? apa saja keuntungan WAN?? apa saja ruginya?? dan apa sajakah komponen dalam WAN??
nah mari kita lirik dibawah ini yah...

WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut. suatu hal pasti ada kekurangan dan kerugiannya bukan?? nah di bawah ini kerugian dan keuntungannya :



KEUNTUNGAN : 
  • Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN.
  • Berbagi informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih baik.
  • Lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

KERUGIAN : 
  • biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih besar.
  • Sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting.
  • Perawatan lebih khusus.
                    Nah bagaimana tadi di atas adalah perkenalan dari WAN tersebut sekarang mari kita lebih mengenal lagi tentang WAN ya...

KOMPONEN PADA WAN

1. Hirarki WAN 
Berfungsi untuk mengklasifikasikan perangkat yang digunakan oleh Core layer, Distribution layer dan Access layer. Dalam hirarki WAN Terdapat 3 Layer utama yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing agar suatu jaringan WAN dapat terbentuk.


2. Perangkat WAN
Agar dapat terkoneksi menggunakan WAN kita harus menggunakan beberapa perangkat khusus seperti dibawah ini :

a. ROUTER
b. ATM SWITCH
c. FRAME RELAY
d. MODEM
e. MULTIPLEXER



3. Topologi WAN

Topologi WAN adalah Konfigurasi network yang dirancang untuk membawa data pada jarak yang jauh. Topologi WAN biasanya menggunakan Point to Point, maksudnya bahwa teknologi yang dikembangkan hanya untuk mendukung dua node dalam mengirim dan menerima data. Dan jika berbagai node/komputer memerlukan akses ke WAN, suatu LAN akan ditempatkan di belakang WAN untuk menyediakan fungsi ini.





4. Switching
Switching merupakan suatu sistem kontrol penggantian, pengalihan, pengubahan atau pemindahan secara elektronik.teknik switching ini sendiri digunakan biasanya untuk menguatkan penggunaan bandwidth suatu saluran komunikasi, baik data maupun suara. Jika nantinya proses saluran tersebut tidak diatur melalui switching, maka data/suara akan terus dikirimkan walaupun sudah tidak terpakai lagi. Hal ini mungkin akan sangat berbahaya terutama bagi saluran berbayar.





5. Packet Switching
adalah metode WAN yang mengijinkan user untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain untuk menghemat biaya. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi Leased Line. Mekanisme pengiriman data di lakukan secara Synchrounous Serial.

Pada beberapa konsep, teknik ini dikenal dengan konsep Store and Forward, dengan teknis penyampaian data dari host pengirim ke host penerima akan dapat terjadi apabila terjadi hubungan antara keduanya baik secara langsung sesuai dengan urutan hop yang direncanakan dalam konsep routingnya, maupun secara tidak langsung dengan mengirimkan data ke tujuan melalui router lain sebagai perantaranya, yang jelas target penyampaian data pada host tujuan harus terjadi.


6. Circuit Switching
Pada teknik ini, sebelum pengiriman data dilakukan, terlebih dahulu harus dilakukan proses pembentukan koneksi dengan melakukan beberapa prosedur. dibawah ini adalah bagian dari Switching :

a) VLAN
 VLAN adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel karena dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi, tanpa bergantung lokasi workstations.
b) VTP
   VLAN Trunking Protocol (VTP) adalah protokol proprietary Cisco yang menyebar definisi Virtual Local Area Network (VLAN) pada jaringan area lokal secara keseluruhan. Untuk melakukan ini, VTP membawa informasi VLAN untuk semua switch dalam domain VTP.
c) STP
STP adalah untuk mencegah pengulangan penghubung danradiasi siaran yang dihasilkan dari mereka. Pohon rentang juga memungkinkan desain jaringan untuk memasukkan cadang tautan (redundan) untuk menyediakan jalur cadangan otomatis jika tautan aktif gagal, tanpa bahaya dari perulangan yang tidak diinginkan dalam jaringan, atau kebutuhan untuk panduan mengaktifkan / menonaktifkan cadangan tautan ini.

7. Teknologi WAN / Enkapsulasi WAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar